Blog Story 3 Alasan Mengapa Kantor Tidak Diperlukan

3 Alasan Mengapa Kantor Tidak Diperlukan

Saya memulai bisnis web design berbasis di Jakarta sejak 2009. Ketika itu saya memulai dengan skala kecil. Nilai project yang diambil pun tidak besar. Dan seperti semua pelaku bisnis startup pada umumnya, saya berusaha untuk meminimalisir resiko dan pengeluaran. Dan sudah pasti yang paling relevan adalah dengan tidak memaksakan diri untuk memiliki kantor fisik. Saya cukup puas dengan kehadiran kantor di dunia maya, yaitu sebuah website. Sejak itu pun saya terbiasa bekerja secara online atau remote bersama tim saya, terutama tim programmer dan designer. Berikut saya coba mengajak anda berpikir dari sisi yang berbeda. Saya mencoba menjabarkan, mengapa kantor tidak diperlukan.

1. Biaya

Jelas dengan keberadaan kantor, banyak biaya yang harus kita bayarkan, seperti biaya sewa, maintenance, dan sebagainya. Tidak hanya membuat pengeluaran kita bertambah, namun juga membuat nilai jual jasa kita sulit berkompetisi dengan vendor lainnya.

2. Macet

Kota Jakarta tentunya sudah terkenal dengan kemacetannya yang luar biasa. Ketika saya harus pergi meeting ke kantor client yang mungkin jauh dari kantor saya. Tentunya menjadi buang-buang waktu ketika saya harus kembali bekerja ke kantor, karena harus mengarungi lautan macet Jakarta terlebih dahulu untuk tiba di kantor saya. Hal ini jelas menjadi tidak efisien waktu.

3. Jenuh

Ketika kita bekerja, apalagi di lingkungan dan masa yang membutuhkan motivasi dan semangat kerja yang tinggi. Tentu kita berharap agar mood kerja kita bisa terus baik dan optimal. Mood yang baik sangat penting bagi para pekerja kreatif. Dan bekerja di satu kantor yang tertutup dan sepi seringkali menjadi membosankan dan membuat rasa jenuh. Hal ini menjadi berbeda ketika saya memutuskan untuk bekerja melalui cafe misalnya seperti Starbucks. Tapi jangan salah, cafe pun tidak semua suasananya mendukung kita untuk lebih produktif. Misalnya cafe yang banyak dikunjungi anak-anak yang berisik lari kesana kemari, menurut saya tidak cocok untuk menjadi tempat bekerja. Kebebasan bekerja tanpa ikatan lokasi membuat kita bisa lebih bebas memilih darimana kita bekerja hari ini agar mendapatkan suasana-suasana baru atau berbeda yang membuat kita bisa lebih produktif.

Di atas merupakan 3 alasan saya mengapa kantor tidak diperlukan. Tentunya masing-masing pilihan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun seiring perkembangan jaman, menurut saya bekerja di kantor menjadi tidak relevan lagi. Karena kita ingin hidup, bekerja, dan merasakan menjadi bagian dari sebuah kota besar yang dinamis, bertumbuh, dan bergerak. Sayangnya peraturan negara ini masih mengharuskan setiap badan usaha untuk memiliki domisili. Seandainya saja suatu hari nanti, alamat website sudah bisa diterima sebagai domisili.

Apakah anda punya tambahan alasan lainnya? Atau menurut anda justru kantor sangat diperlukan?


blog comments powered by Disqus

Blog

blog image

Firefox Quantum, Download dan Rasakan Kecepatannya!

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox Quantum, browser Firefox yang menggunakan engine baru. Mozilla juga menyajikan konsep design UI yang baru yang disebut sebagai Photon. Anda tidak percaya? Silahkan coba Download Firefox Quantum dan rasakan perbedaannya!

Read more

blog image

eCommerce vs Marketplace

Sebagai salah satu pelaku industri, saya hendak melakukan riset secara langsung, bagaimana rasanya dan bagaimana perbedaan antara berjualan lewat website online store sendiri atau ecommerce, dibandingkan dengan menggunakan marketplace yang sudah begitu banyak bertebaran saat ini. Oleh karena itu sejak setahun terakhir, saya mencoba melakukan kegiatan jual beli

Read more

blog image

Sunset For Retail Business

Hari ini, 30 Juni 2017, adalah hari terakhir bagi salah satu raksasa bisnis retail 7-Eleven di Indonesia. Saya sudah sempat menyimak paparan beberapa pengamat, terutama pak Rhenald Kasali di CNN Indonesia. Saya setuju ada faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi tutupnya bisnis 7-eleven di Indonesia. Tapi saya tidak tertarik untuk

Read more

blog image

How to Build a Successful Business

Someone just emailed me, asking about my successful freelance career. Well, i know that i'm still far from success in build my own web design company. But if talking about success with my freelance career as web designer, i think it's a target that i already achieved few

Read more

blog image

Marvel App, Aplikasi Untuk Membuat Prototype Tanpa Coding

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan dengan sebuah aplikasi yang ternyata sesuai dengan yang selama ini saya cari dan belum ketemu. Aplikasi yang cocok untuk kalian yang punya bakat design, namun lemah di coding, seperti saya. Marvel App bisa membantu membuat...

Read more