Blog Review 7 Hal Penting Dalam Memilih Perusahaan Hosting

7 Hal Penting Dalam Memilih Perusahaan Hosting

Sejak memulai karir kami di bisnis website design dan development pada 2009, kami berjumpa dengan begitu banyak jenis client. Karena kebanyakan dari prospective clients kami menemukan kami dari Google, maka segmen-nya sangat beraneka ragam. Namun kami cukup terkejut ketika bertemu dengan beberapa client yang punya nama besar dalam bisnis mereka, kantor di gedung mewah, dan tim yang besar, namun beberapa client ini cukup gagal dalam hal pemilihan server hosting yang tepat untuk website perusahaan mereka. Kami tentunya tidak akan menyebutkan client mana yang kami maksud, namun kami harus bilang tidak hanya satu atau dua, namun cukup banyak yang punya masalah dalam hal pemilihan hosting.

Pada awalnya, kami menerima apabila ada permintaan bahwa client hanya ingin menggunakan jasa website design dan development kami, karena biasanya ada beberapa client yang sudah membeli domain dan hosting sendiri. Namun kami seringkali bertemu dengan beberapa client yang masih menggunakan dpanel, spanel, whatever it is. Sebetulnya tidak masalah mereka mau menggunakan control panel jenis apapun, asalkan websitenya bisa dihosting dengan stabil. Sayangnya, seringkali justru banyak yang menggunakan jasa perusahaan hosting yang tidak kredibel. Dan buntutnya, kami yang harus kelimpungan meladeni pertanyaan-pertanyaan client terkait mengapa website mereka tidak bisa diakses? Kenapa ada error? Dan lain sebagainya. Kami menyediakan jasa maintenance website, yang mana kami melayani apabila ada hal-hal terkait website, kami membantu proses update, ataupun analisa apabila terjadi masalah pada website. Namun hal-hal seperti database corrupt, website down, dan sebagainya, yang mana saya anggap sangat fatal, sebetulnya akar permasalahannya ada pada perusahaan hosting pilihan anda. Maka akhirnya, kami selalu menyarankan semua client kami untuk menggunakan hosting di tempat kami agar memudahkan kami dalam memaintenance website mereka.

Saya menganggap kita semua sudah paham, betapa pentingnya memiliki website yang selalu stabil setiap saat. Karena ibarat kantor ataupun toko offline anda, website tidak kalah penting, website adalah wajah perusahaan anda yang bahkan bisa diakses oleh setiap orang dimanapun dan kapanpun. Kebanyakan orang pasti enggan repot-repot mengarungi macetnya jalanan untuk bertamu ke kantor atau toko anda. Namun banyak orang akan mencari tahu tentang bisnis anda lewat mengetikan beberapa huruf di browser hp maupun komputer mereka. Apakah website yang stabil dan terus online penting? Sangat penting!

 

Jadi apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan perusahaan hosting yang baik?

 

1. Responsive

Tentunya anda, dan setiap orang pada umumnya, berharap bisa mendapatkan respon yang cepat apabila anda menyadari adanya masalah yang terjadi pada website anda. Mungkin masalah tidak bisa langsung dibereskan dengan cepat. Namun anda pasti mau cepat mengetahui, ada masalah apa sebenarnya yang sedang terjadi. Sehingga penting untuk memilih perusahaan hosting yang responsif dalam melayani pertanyaan-pertanyaan anda.

 

2. Solutions

Kelihatannya sederhana, namun kami sempat terkejut karena ada beberapa perusahaan hosting, yang ketika kami sampaikan permasalahan yang ada. Kemudian mereka menjawab dengan kalimat yang jelas seperti template. "Ya terima kasih atas laporannya, akan kami tindak lanjuti." Dan kemudian dalam beberapa hari anda tidak menerima respon apalagi solusi. Kemudian anda harus dengan inisiatif sendiri berusaha menghubungi kembali pihak perusahaan hosting anda. Perusahaan hosting yang baik akan bekerja dengan cepat, menganalisa permasalahan, dan kemudian memberikan solusi.

Kalau memperhatikan 2 poin di atas, responsif dan solusi, ini terkait dengan layanan customer service dari perusahaan hosting yang anda pilih.

 

3. Stable

Jelas anda perlu website yang selalu online setiap saat. Meskipun pasti adakalanya website bisa down, biasanya karena ada maintenance server pada waktu tertentu. Namun kita berusaha untuk meminimalisir waktu down website. Cara untuk mengecek sendiri stabilitas website anda dengan melakukan ping pada domain website anda. Apabila anda pengguna Windows, anda bisa menggunakan Command Prompt dan mengetik "ping www.namadomain.com -t". Sementara apabila anda pengguna Mac, anda bisa menggunakan Terminal dan mengetik "ping www.namadomain.com". Anda bisa cek bagaimana stabil nya website seperti google.com misalnya.

 

4. Coverage

Hosting Server ada 2 jenis, yaitu lokal dan internasional. Lokal biasa disebut sebagai IIX. Keuntungan dengan hosting website anda di lokal adalah apabila diakses oleh visitor dari dalam negeri, akan lebih cepat sekitar 5-10 kali lebih cepat daripada website anda berada di server internasional. Namun kekurangannya adalah, website anda bisa jadi seringkali error dan tidak bisa diakses oleh visitor yang berada di luar negeri. Apabila mengkaitkan dengan kebutuhan membangun SEO yang baik untuk website anda, tentu penting untuk anda memilih website yang di hosting di server internasional daripada lokal. Namun anda tetap bisa hidup dengan pilihan, namun pilihlah perusahaan hosting yang juga menyediakan pilihan server hosting internasional untuk anda.

 

5. Control Panel

Kami mengerti bahwa ada banyak pilihan control panel untuk hosting server anda di luar sana. Namun control panel yang kami pilih adalah cPanel. Memang bukan layanan gratis, namun cukup memudahkan pengguna dan punya banyak fitur yang memudahkan kerja anda dalam hosting website anda. Dibandingkan banyak kompetitornya, menurut saya cPanel adalah yang paling simple dan modern. Apapun pilihan control panel anda, pilihlah yang memudahkan kerja anda. Namun saya menyarankan agar anda memilih perusahaan hosting yang memberikan anda layanan cPanel.

 

6. Back Up

Sangat penting memilih perusahaan hosting yang menyediakan back up secara rutin. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi pada website anda di masa depan. Namun selama anda punya back up, anda bisa mengembalikan website anda normal seperti semula sebelum menjadi error entah karena ada bug pada website anda, ataupun ada orang yang melakukan hack pada website anda.


7. Price

Di sini saya bukan menekankan pada anda untuk mencari layanan hosting termurah. Stop membandingkan harga dan spesifikasi. Anda perlu hosting yang benar-benar bisa anda percaya. Sehingga seringkali justru bukan harga yang harus menjadi fokus anda dalam memilih hosting yang terbaik.

 

Nah di atas adalah 7 hal yang saya anggap penting dan krusial dalam memilih perusahaan hosting. Website anda boleh indah menawan cantik luar biasa, namun apabila ketika orang mau buka keluar pesan error atau down, maka sia-sia anda susah payah membangun website anda. Inilah juga mengapa kami pada akhirnya membangun layanan hosting server sendiri, yang memudahkan kami untuk membantu merawat website client-client kami dengan mudah. Kalau saya boleh menambahkan, akan lebih baik anda memilih layanan hosting yang direferensikan oleh vendor yang membangun website anda. Karena hal itu akan memudahkan vendor anda dalam membantu entah maintenance atau menganalisa apabila di masa depan website anda mengalami masalah. Semua perusahaan hosting pasti menggunakan bahasa marketing yang manis, sehingga anda bisa jadi seperti membeli kucing dalam karung. Sehingga alangkah baiknya apabila anda bertanya kepada vendor anda yang pastinya sudah banyak pengalaman dalam pemiihan hosting yang baik.

 

Sumber Foto : flickr.com


blog comments powered by Disqus